Senin, 17 Februari 2014

[EDISI CURHAT] NEGERI ATAU SWASTA ? YANG PENTING TEKADNYA BUKAN STATUSNYA



Hai guys… selamat datang di salah satu konten yang tidak fenomenal dan membosankan untuk dibaca haha,…. Just kidding ya,..gini-gini blogku juga punya nama lhooo,…ok kita masuk pembahasan kita hari ini. Pembahasan kita hari ini adalah edisi curhat dari adek kelasku yang bingung mau ambil universitas apa dan dimana ?. So Let’s begin,..!!!
Hai adik-adik, gimana kabarnya hari ini ? semoga baik-baik saja, lagi bingung ya karena takut tidak dapat masuk ke universitas negeri ?, hmm,…ya mungkin itu adalah sindrom yang sangat sering ditemui pada semua siswa-siswi pra perkuliahan. Kenapa ? terkadang kita gengsi dengan kata-kata orang atau teman yang bertanya,

“Heeehhh kamu universitas manaaa ????? aku sekarang di kedokteran UNAIR lhoooo,..kamu dimana ???? UB ? UNDIP ? UNESA ? ITS ? IPB ?”
haduuhh bisa-bisa kita stress jawabnya dan pada akhirnya kita sampek pingsan karena kita hanya bisa masuk universitas swasta dan tidak terkenal lagi (hadoohh lebay banget sampek pingsan dan adem-panas). Belum lagi kalau ibu-ibu kita pada kumpul-kumpul arisan atau PKK biasanya tuh di sana buanyaakk setan kumpul, alias biangnya gosip…
“Hai jeng,…anakmu kuliah di mana ?? anakku kuliah di UI Akuntansi lhooo hohohoho….gimana jenggg..??” JJJGGGERRRR !!!!! langsung deh dadanya emak kita serasa di tabok sama kuda. Gimana nggak terkadang status dimana seorang anak mengecam pendidikan menjadi sebuah kebanggan tersendiri bagi orang tua. Jadi kita harus gimana ??? kalau kita kemampuannya pas-pas an apa kita harus pakai jalan belakang ??? ckckckck gak boleh itu !!!!
Ayo berpikir positif, jika kita melakukan suatu usaha hasilnya pasti gak akan melenceng dari dua jawaban yakni BERHASIL atau GAGAL. Bukan berarti kata “GAGAL” adalah hal yang buruk bagi kita. Bagaimana kita menaggapinya ? kan orang tua pasti kecewa dengan kita ?. Selalu saja berpikir seperti itu, jalan kita menuju sebuah kesuksesan bukan dari status tempat kita mengenyam pendidikan, tetapi keberhasilan kita adalah bagaimana kita dapat memanfaatkan apa yang telah kita dapat dari pendidikan kita. Orang tua mungkin kecewa tetapi orang tua kan lebih kecewa lagi jika kita memutuskan untuk berhenti berusaha dan memilih jalan yang salah. Pendidikan adalah hal yang penting bahkan jika orang tua kita harus mengorbankan semuanya, maka orang tua akan lebih memilih pendidikan anak. 

Istilahnya kita memiliki satu garis finis yaitu KEBERHASILAN tetapi pada tengah jalan kita dihadapkan berbagai macam cabang yakni melalui universitas A, B, C , dan seterusnya. Tetapi itu hanyalah sebuah bentuk penantian kita kepada tujuan finis kita. Negeri atau swasta itu sama saja, sama sekolahnya dan sama-sama menuntut ilmunya. Beri pengertian pada orang tua bahwa kita sekarang berada pada jalan yang berbeda dengan yang lainnya, jika teman-teman kita yang negeri memilih jalan A maka kita memilih jalan B. ini hanya persoalan waktu.
Sedih atau tidaknya kita tidak bisa dipungkiri dari dalam hati, tetapi ingat ingat dan inggaaaaattt sebuah kesuksesan tidak akan pernah datang jika tidak ada usaha dan kegagalan. Gampangnya gini keberhasilan yang didampingi dengan usaha adalah sebuah kepuasan. Tetapi keberhasilan setelah datangnya kegagalan adalah sesuatu yang sangat istimewa karena di dalam keberhasilan yang menemui kegagalan itu pasti ada sebuah makna yang sangat dalam dan tidak hanya itu, di dalamnya juga terdapat sebuah usaha yang melebihi dari sukses yang biasa.
Bersemangatlah buat adik-adik yang akan masuk ke universitas. Ingat keberhasilan itu bukan dari kamu yang masuk ke dalam lingkup pendidikan negeri tetapi kamu yang bisa memaknai usaha kamu dengan sebijaksana mungkin. Tidak akan lama tapi pasti sangat berkesan untuk diceritakan kepada orang lain tanpa rasa malu tetapi sangat bangga. Buat orang tuamu bangga karena usahamu bukan statusmu. Karena pantang menyerah adalah nama tengahmu,..!!! YEEAAHHH !!!


Hope You Like It !!!!!!! :D

0 komentar: